Jumat, 16 Juni 2017

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube ? Panduan Lengkap

Youtube, mungkin kalian tidak asing lagi dengan nama youtube tersebut. Youtube adalah sebuah website untuk saling berbagi vidio. Namun siapa sangka, banyak orang yang tidak tahu bahwa youtube juga merupakan sumber tambang uang. Kenapa bisa saya katakan begitu, karena banyak sekali internet marketing yang mengandalkan kehidupan nya dari youtube, namun ada juga yang menggunakan atau mengerjakan cara lain selain dari youtube.

Banyak sekali kalangan muda maupun tua yang menghabiskan waktunya di laman youtube hanya untuk melihat atau download video di youtube yang di unggah para internet marketer itu. Para pengunggah vidio di youtube itu bisa berpenghasilan lebih dari ratusan juta perbulan. Cukup menggiurkan bukan ?

Namun, besar kecil nya jumlah uang yang didapat dari youtube itu juga tergantung seberapa kreatif nya pengunggah vidio itu. Dengan ide ide yang bagus, mereka bisa memancing para penonton youtube untuk men subcribe atau berlangganan di chanel si pengunggah. Dengan banyak nya subcriber maka besar kemungkinan uang yang didapat juga semakin besar.

Penguna youtube juga bermacam macam, ada yang mengunggah vidionya hanya untuk bersenang senang, ada yang untuk berbagi informasi, ada yang untuk mempromosikan produknya, dan ada pula orang yang mengunggah vidio di youtube untuk dijadikan sebuah pekerjaan (bisnis).

Untuk mendapatkan uang yang cukup besar dari youtube, tentu membutuhkan waktu yang lama pula. Hanya sebagian orang saja yang bisa mendapatkan ratusan juta rupiah per bulan dari youtube. Dan mereka adalah termasuk orang yang beruntung.

Tidak salahnya kita mencoba mencari uang dari youtube, namun ada baiknya kita pikirkan terlebih dahulu secara matang. Karena apa ? mendapatkan viewer yang banyak dari youtube itu butuh waktu yang sanga lama. Kita juga harus sering mempromosikan chanel youtube kita ke sosial media lain nya seperti facebook, twitter, instagram, path, dll.

Dengan demikian, chanel anda akan dikenal banyak orang. Dan yang paing penting adalah anda memberikan konten vidio yang disukai atau yang diminati para subcriber anda. Jadi anda harus menganalisis apa yang diinginkan para subcriber.

Perlu anda ketahui, youtube bukan lah satu satunya sumber penghasilan di internet. ada banyak sekali ladang dollar di internet. maka dari itu anda harus mengetahuinya.

Baca Juga : Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Di internet ?

Bagaimana Cara Youtube Membayar Kita ?


Jika kalian masuk ke youtube dan memulai menonton salah satu vidio yang ada disana, biasanya sebelum vidio terputar akan ada iklan vidio beberapa detik. Nah dari situlah para pengunggah di youtube dibayar. Ada juga yang di awal vidio tidak ada iklan namun saat menonton vidio, di bawah vidio tersebut ada banner kecil yang merupakan sebuah iklan dari google.

Lalu Bagaimana Cara Menghasilakan Uang Di Youtube ?


Jika kalian memang menginginkan uang dari youtube, anda harus membuat konten vidio yang menarik yang sekiranya disukai banyak orang. Dan jika banyak orang yang menonton vidio anda. Maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan uang yang banyak juga.

Namun, didalam artikel ini saya tidak menjamin anda akan mendapatkan uang yang banyak dari youtube. Artikel ini hanya semata mata dibuat untuk membantu anda untuk menjadi mitra youtube dan memulai menghasilkan uang dari youtube.

1. Membuat Akun / Channel Youtube


Sebelum membuat dan mengupload vidio, anda harus terlebih dahulu membuat channel / akun youtube anda untuk mengunggah vidio. Saya sarankan untuk memberi nama chanel yang menarik dan mudah dihafal orang lain.

Jika anda sudah memiliki akun mitra google seperti Gmail. maka anda akan mudah membuat akun youtube ini. anda hanya perlu masuk ke Youtube.

Untuk membuat chanel, anda lihat di menubar sebelah kiri anda ada tab "My Channel" lalu klik tab tersebut. Maka anda akan melihat tab seperti ini, masukan nama channel yang anda inginkan. Saya sarankan untuk membuat nama channel, buatlah nama yang seunik mungkin.
Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube ? Panduan Lengkap
Youtube 1

Jika anda sudah berhasil membuat channel tadi, selanjutnya anda tinggal merapihkan dan memasang foto prfile serta foto sampul channel anda. Buatlah gambar yang menarik untuk memikat para calon subcriber anda.

2. Mengupload Vidio ke Youtube 


Jika anda suah membuat dan merapihkan channel anda, selanjutnya anda bisa memulai mengupload vidio anda.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube ? Panduan Lengkap
Youtube 2


Jika memang anda ingin menghasilkan uang dari youtube, maka anda harus rajin membuat konten vidio yang original dalam arti lain tidak menjiplak atau menyalin vidio yang memiliki hak cipta. Vidio anda harus original bahkan pada materi vidio sampai kepada backsound vidio anda.

Sebenarnya sangat mudah untuk mendapakan ide dalam membuat vidio, anda bisa merekam kegiatan sehari hari anda seperti bermain game, memancing, bermain gitar, belajar sepeda, dan lain sebagainya. Namun jangan lupa, kalian harus tetap membuat vidio yang unik walau vidio tersebut berasal dari kegiatan sehari hari anda.

Untuk bisa mendapatkan uang, anda setidaknya harus membuat dan mengupload 100 - 200 vidio original yang unik kedalam channel anda.Semakin banyak vidio yang anda unggah ke channel youtube anda, maka anda semakin berpeluang untuk mendapatkan bayaran yang besar dari youtube.

Namun yang perlu anda ingat adalah Jangan sekali kali anda mengupload vidio yang melanggar hak cipta milik orang lain karena hal tersebut dapat membuat akun youtube anda tidak akan aman lagi dan akan mendapatkan masalah dikemudian hari.

3. Menigkatkan Popularitas Channel Youtube Anda


Kenapa meningkatkan poularitas channel saya posisikan ke urutan tiga ? Karena untuk saat ini, untuk mendaftar google adsense youtube setidaknya di dalam channel anda sudah dilihat oleh 10.000 viewer.

Nah, setelah mengupload banyak vidio, sebaiknya anda mempublikasikan channel atau vidio anda ke sosial media yang lain nya seperti facebook, twitter, dll. Dengan tujuan untuk menambah kepopularitasan channel anda.

Mengunggah vidio dengan tema yang sama dalam satu channel, dengan demikian para subcriber anda akan selalu mengunjungi channel anda. Contoh, anda minat kedalam pet shop, maka selanjutnya anda wajib mengupload vidio yang berhaitan dengan hewan. Dan jangan beralih ke tema lain nya. Hal ini bertujuan untuk memberikan apa yang para subcriber anda inginkan.

Ajak para penonton baru yang menonton vidio anda untuk men subcribe channel anda di akhir vidio atau di awal vidio. Dengan banyakanya subcriber, bisa dipastikan anda akan tersu mendaptkan uang dari youtube.

Rajin mengunggah vidio yang unik dan bermanfaat. Dan jangan lupa untuk memperhatikan kualitas pada vidio anda dan pastikan semua vidio anda memiliki resolusi yang jelas.

4. Cara Me Monitesisasi Akun Youtube / Mendaftar Google Adsense


Langkah selanjutnya setelah anda memiliki banyak vidio pada channel anda adalah memasang iklan pada vidio vidio anda dengan mendaftarkan ke Google Adsense.

Apa itu Google Adsense ?  


Google Adsense adalah salah satu mitra google dimana ia menyediakan berbagai macam iklan yang responsive untuk vidio anda. Contoh : jika vidio anda bermateri tendang kucing, maka iklan yang akan mucul di dalam vidio anda adalah tentang produk makanan kucing atau pet shop ataupun hal lain yang berkaitan dengan kucing.

Dengan begitu, anda bisa cepat mendapatkan klik dari para viewer channel anda. Karena jika semakin banyak klik iklan pada vidio anda maka anda akan mendapatkan bayaran yang banyak pula. Nah ini dia mengapa pentingnya vidio unik dan subcriber yang banyak.

Bagaimana Cara Memasang Iklan Di Youtube ?


a. setelah anda masuk ke creator studio pada laman youtube anda, silahkan klik "Channel" yang ada pada menu bar di sebelah kiri.
Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube ? Panduan Lengkap
Youtube 3

b. Setelah masuk ek Channel, masuk ke menu bar "Status and Features". Nah disitu ada kolom Monetisasi. Klik tombol enable
Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube ? Panduan Lengkap
Youtube 4
 c. Jika anda sudak mengklik enable, maka anda akan diarahkan ke tab ini. Selanjutnya anda klik start

d. Centang ketiga persyaratan tersebut lalu klik I accept

e. Setelah itu anda akan di kembalikan seperti pada gambar "Youtube 4" namun nomor satu sudah bertanda ceklis. Dan anda harus klik START pada nomor 2

f. Anda akan diarah ke menu notifikasi bahwa anda akan dibawa ke laman google adsense untuk melengkapi data diri anda (masukan data asli) dan anda harus mengklik NEXT

g. Anda sudah berada di laman Google Adsense, lalu klik yes jika akun email yang anda gunakan belum pernah mendaftar ke google adsense.

h. isi data diri anda selengkap lengkap nya. lalu klik submit

i. Akun anda akan di review pihak Google Adsense biasanya selama 2 hari.

j. Jika sudah diterima google adsense, otomatis semua vidio yang sudah anda upload akan ada iklan nya. Dan anda sudah bisa memulai menghasilkan uang.

Selengkapnya tentang daftar google adsense via youtube klik disini.

Perlu anda ketahui, kunci keberhasilan dalam bermain youtube adalah ke kreatifitas an kalian. Semakin banyak anda mengupload vidio vidio yang unik dan bermanfaat pada channel anda, maka anda berpeluang besar untuk mendapatkan penghasilan yang banyak dari google. Karena penentu jumlah penghasilan dari youtube adalah keunikan dan viewer vidio kalian dan tentu yang palian utama adalah jumlah klik iklan nya. Materi itu akan saya jelaskan pada artikel saya berikutnya.


EmoticonEmoticon